statistics

PT. TARGET INDO CENTRAL GROUP 
Akte Notaris : No. 03 – YULHERI ALIOES, SH
NO. SK KEMENKUMHAM – AHU-00423372.AH.01,01.TAHUN 2016

Pemimpin Umum 
Ahmad Saleh, SH

Wakil Pemimpin Umum 

Pemimpin Redaksi
Yohandri Akmal, S.Mi

Pemimpin Perusahaan
Budi Gunawan

Wakil Pemimpin Redaksi:
Rizal Effendi, SH

Dewan Pembina
Letkol Laut (P) Roni CH Sitompul, Mayor Pnb, Wahyudi Cristdyanto, Mayor Fitrianto S.Ag, M. Izhar

Legal Corporate
Dr. Syaifullah Raun, SH.MH
Muhamad Hasbi, SH, MH, Doni Eka Putra, SH. MH. Burhanuddin, S.Sos, M.H

Koordinator Liputan
Syaiful Anwar

Koordinator Wilayah
Hengki Fernando

Redaktur Pelaksana
Novy Anggraini, Aizha Wahyuni

 DKI Jakarta : Norman Arief

Prov. Banten : W Risqi Setyawan

Prov. Sumbar : Ahmad Danus, Anton Caniago (Kabiro)

Prov. Aceh : Muhammad Hasbuh (Kabiro)

Prov. Riau : Syafrial Pen, Daulad Hodmartua, S.Si, SH

Kab. Inhil : Ragil Hadiwibowo

Prov. Kepulauan Riau : Martohonan Sitorus

Prov. Riau : Daulad Hodmartua, S.Si, SH

Kota Batam : Edi Soprianto,  Kab. Natuna : Imam Agus

Prov. Jambi : Azhari

Prov. Lampung : Rasyid Aziz, S. Sos

Prov. Jawa Barat : Niko Saputra

Prov. Jawa Timur : Muhammad Isnan

Prov. Sumatera Utara : Bucos

Prov. Bengkulu : Johan Kardinat

Prov. Sulawesi Utara : Ch. Nelson Pangkey (Kabiro)

Prov. Sulawesi Selatan : Tajudin Nudju (Kabiro)

Prov. Sulawesi Tenggara : Adopan Rizki Pane (Kabiro)

Prov. Gorontalo : Hengki Maliki (Kabiro)

Prov. Sumatera Selatan : Em Riadi

Prov. Kalimantan Barat : Agushariansyah (Kabiro)

Prov. Nusa Tenggara Timur : Angelino S Mali Koli

Prov. Papua Barat : Nehemia Baker (Kabiro)

Prov. Maluku Utara : Harianto Daud

Prov. Maluku : Billy Frans Kainama

Prov. Papua : Dami Zanambani

DI Yogyakarta : Christina Dewi Ratih

Prov. Jawa Tengah : Ibrahim Omar (Kumparan)

Alamat Redaksi :

Komp. Permata Berlian, Blok M, No 06, Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Prov. Sumbar

Telp : 0751 – 40046 Hp : 08128427638 – 085278477133.   Email : redaksitargetindo@gmail.com.

Rek. Nomor 1005.0210.14798-1, A/n : Akmal, Bank Nagari

                                                         

 

Kontak Person : 0812-8427-538 / 0852-7847-7133

Media online www.targetindo.com adalah portal berita online yang didedikasikan untuk keterbukaan informasi sesuai dengan UU No.14 Tahun 2008, dimana dalam portal berita ini setiap lembaga public. Baik instansi pemerintah maupun lembaga non pemerintah (NGO) bisa mempublikasikan profil, kinerja, ekspos kegiatan, dan laporan keuangan dari masing-masing lembaga ke masyarakat luas, guna meningkatkan kepercayaan serta kredibiltas dan akuntabilitas.

www.targetindo.com adalah hasil dari kolaborasi antara media dan teknologi. Kebanyakan media online dibangun sebagai bagian dari pengembangan perusahaan media, atau dibangun oleh orang-orang media. Tetapi www.targetindo.com justru dibangun oleh perusahaan teknologi yang terdiri dari orang-orang yang berkecimpung dalam dunia media, lebih dulu dari pada ilmu jurnalistik.

Berangkat dari pengalaman www.targetindo.com yang berusaha menjadi a pure internet player, yaitu organisasi yang berfokus pada menyediaan layanan di internet yang bisa dinikmati oleh jutaan orang, dan kemudian bergeser menjadi perusahaan teknologi & media dengan fokus di entertainment, kini kami bergabung dengan orang-orang jurnalistik. Sinergi orang teknologi dan jurnalist maka itu lahirlah www.targetindo.com.

Kami memang bukan yang pertama, tapi kita punya mimpi baru yakni bebas berkreasi dan beropini. Bagaimana menyajikan informasi yang sebenarnya dan enak di nikmati. Di world wide web (www) yang sangat luas, perlu ada informasi yang harus benar, cepat disajikan, cepat dapat diakses, akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan.

www.targetindo.com adalah www organization, yaitu organisasi yang hidup di internet, berkarya, bisa di-googling, dan diajak ngobrol di internet, bahkan menghidupi keluarganya dari internet. Internet hidup, berkembang, dan memberi inspirasi, di mana www.targetindo.com menjadi bagiannya dan memberi kontribusi, terutama untuk internet Indonesia.

www.targetindo.com adalah warna kebebasan dalam menyampaikan informasi, tidak terikat oleh paham tertentu atau kepentingan tertentu. Tetapi dasar yang putih (atau hitam, di saat tertentu) mendasari itikad untuk selalu ada di jalur yang benar, bukan seenaknya sendiri. Tujuannya adalah menjadi sebuah media yang bisa diakses jutaan orang melalui teknologi, tanpa batasan atau dibatasi, karena: Pers adalah lembaga control social sesuai dengan UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Ruang Lingkup

Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

Verifikasi dan keberimbangan berita

  1. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
  2. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
  3. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat
  4. Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak.
  5. Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten.
  6. Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai.
  7. Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
  8. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

  1. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
  2. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
  3. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
  4. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  5. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).
  6. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  7. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c). Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
  8. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
  9. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
  10. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

  1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
  3. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

  1. Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya.
  2. Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu.
  3. Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
  4. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

Pencabutan Berita

  1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
  3. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

Iklan

  1. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
  2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ‘advertorial’, ‘iklan’, ‘ads’, ‘sponsored’, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).

Redaksi menerima sumbangan tulisan (Opini atau Artikel). Setiap tulisan yang dikirim ke WA 0812-8427-638 redaksi hendaknya disertai dengan identitas dan mencantumkan nomor telepon/faximili.

PERHATIAN

Setiap Wartawan Media Online www.targetindo.com dalam menjalankan tugas peliputan dibekali Kartu Identitas (ID Card) atau Surat tugas serta terdaftar dalam Box Redaksi. Bagi yang tidak memilikinya, bukanlah wartawan kami dan segala tindak tanduknya yang merugikan pihak lain, diluar tanggungjawab kami, terimakasih.

Jika ada wartawan kami dan segala tindak tanduknya yang merugikan pihak lain. Harap Hubungi No Telp/ Hp Yang Ada Pada Kontak Person.